Posted by : Sakti Nurfadillah 7 Mar 2014

OSI LAYERS PROTOCOLS LIST

OSI LAYERS PROTOCOLS LIST
Assalamualaikun.Wr.Wb

LAYER 7 (Aplication)

FTP (File Transfer Protocol) Adalah sebuah protocol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas(file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.

Telnet (Telecommunication network) Adalah sebuah protocol jaringan yang di gunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks intreaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual.

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) Merupakan salah satu protocol yang umum digunakan untuk pengiriman surat eletronik di internet.

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) Adalah suatu protokol yang di gunakan oleh WWW(World Wide Web)

POP3 (Post Office Protocol Version 3) Merupakan protocol yang di gunakan untuk pengolahan e-mail.

NFS (Network File System) Adalah sebuah kumpulan protocol yang digunakan untuk mengakses beberapa sistem berkas melalui jaringan.

LAYER 6 (Presentasion)

VCN (Virtual Network Computing) Adalah sistem sharing desktop yang memungkinkan untuk mengendalikan komputer(PC) lain dari jarak jauh(remote) menggunakan Protokol RFB(Remote Frame Buffer) melalui jaringan lokal maupun internet.

RDP (Remote Desktop Protocol) Adalah sebuah protocol jaringan yang digunakan oleh Microsoft Windows Terminal Service dan Remote Desktop.

LAYER 5 (SESSION)

NetBIOS (Network Basic Input/Output System) Adalah sebuah Spesifikasi yang di buat oleh International Businness Machine ( Sebenarnya di buat oleh Sytek INC).

NetBUI Adalah ekstensi dari protokol NetBIOS.

PAP (Printer Access Protocol) Adalah protocol yang di gunakan untuk machintos OS.

Apple Talk Adalah sebuah teknologi jaringan yang hanya mendukung hingga 254 node untuk tiapp jaringan fisiknya.

LAYER 4 (Transport)

UDP (User Diagram Protocol) Adalah salah satu protocol lapisan transport TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak handal tanpa koneksi antar host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.

TCP/IP (Transport Control Protocol/Internet Protocol) Adalah sebuah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet.

SPX (Squinced Packet Exchange) Adalah protolol jaringan digunakan terutamapada jaringan menggunakan sistem operasi Novell NetWare.

LAYER 3 (Network)

IP (Internet Protocol) Adalah deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebangai alamat indentifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet.

IPX(Internetwork Packet Exchange) Adalah prtotocol komunikasi tanpa koneksi (connectionless)

LAYER 2 (Data Link)

Ethernet Adalah Implementasi CSMA/CD ( Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection) yang di kembangkan tahun 1960 pada proyek wirless ALOHA di Huwawei University diatas kabel coaxcial.

Token Bus Adalah jaringan komputer yang menggunakan token ring virtual dalam suatu kabel coaxcial

Prioritas Demand Adalah metode media akses yang digunakan di 100BaseVG. 100 megabit perdetik implementasi Ethernet(Mbit/s) diusulkan oleh Hewlett-Packard (HP) dan AT&T Microelectronic

LAYER 1 (Physical)

NIC (Network Interface Card) Adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer

{ 15 comments... read them below or Comment }

Followers

Powered by Blogger.